PSBB Kota Surabaya selama Covid-19 dan Pembelajaran Daring Akbid Griya Husada Surabaya

Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) adalah istilah kekarantinaan kesehatan di Indonesia yang didefinisikan sebagai “Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus Covid-19. PSBB merupakan salah satu jenis penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan di wilayah, selain karantina rumah, karantina rumah sakit, dan karantina wilayah. Tujuan PSBB yaitu mencegah meluasnya penyebaran penyakit kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) yang sedang terjadi antarorang di suatu wilayah tertentu. Pembatasan kegiatan yang dilakukan paling sedikit meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. PSBB dilakukan oleh pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota setelah mendapatkan persetujuan Menteri Kesehatan melalui Keputusan Menteri.

Untuk wilayah Propinsi Jawa Timur khususnya, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo merupakan zona penularan wabah Covid-19 yang signifikan, maka dari itu Pemerintah propinsi Jawa Timur mengambil sikap tegas untuk menekan penyebaran Covid-19 melalui himbauan kepada kepala daerah/ walikota untuk memberlakukan PSBB di wilayahnya. Pemberlakuan PSBB di kota Surabaya ini masih di godok terlebih dahulu untuk aturan-aturan nya melalui Gubernur Jatim sehingga ketika diumumkan nanti masyarakt di harapkan telah mengetahui batas-batas yang diperbolehkan dan dilarang. Pemberlakuan PSBB tersebut telah di sebutkan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh gubernur jatim pada tanggal 20 April 2020.

Demikian Pula untuk Institusi Pendidikan di seluruh surabaya telah menerapkan WFH/ SFH (Work from Home/ Study from Home). Khusus nya Akademi Kebidanan Griya Husada Surabaya telah melakukan SFH bagi seluruh mahasiswanya, baik pada asrama putri yang disediakan oleh Akbid Griya Husada Surabaya, telah melarang penghuni asrama yaitu mahasiswa untuk berkontak langsung dengan dunia luar, kecuali sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Berikut untuk download :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.